Kawat Gigi

Kawat Gigi Jenis Apa Yang Harus Kamu Gunakan Pada Kasus Gigi Yang Kamu Alami ? Yuks Kita Bahas Disini.

behel gigi

Behel Gigi memiliki banyak jenis dilihat dari bahan yang digunakan, merk serta teknologinya. Pertama kita akan jelaskan behel gigi dari bahan atau material yang digunakan untuk membuat braces. Bahan tersebut diantaranya :

  1. Metal (Logam) ; behel yang dibuat dari bahan logam ini biasa disebut dengan kawat gigi metal atau metal braces.
  2. Ceramic ; behel yang dibuat dari bahan ceramic atau bisa disebut dengan ceramic braces dan sering dikategorikan sebagai clear braces karena sewarna gigi dan juga esthetic braces karena baik untuk menunjang penampilan gigi.
  3. Sapphire ; behel yang dibuat dari bahan sapphire atau biasa disebut dengan sapphire braces. Behel ini juga sering dikategorikan sebagai clear braces dan esthetic braces. Namun kualitas sapphire ini jauh lebih baik dari ceramic. Selain kualitas transparanya yang bening seperti kristal juga material sapphire ini memiliki kekuatan atau ketahanan yang jauh lebih baik dari ceramic. Tidak seperti ceramic yang rentan pecah sehingga tidak rekomen jika digunakan untuk kasus-kasus berat. Sapphire tetap rekomen digunakan pada kasus ringan hingga berat.

Selanjutnya kita akan jelaskan behel gigi jika dilihat dari teknologi yang dimilikinya, diantaranya :

1. Classic Braces (Behel Konvensional) ; adalah behel dengan teknologi pertama dimana penggunaan behel jenis ini menggunakan karet sebagai pengikat antara kawat denan bracketnya.

2. Self Ligating Braces (Behel Cekat) ;adalah behel dengan teknologi terbaru yang sudah tidak menggunakan karet sebagai pengikat. Jenis ini di design dengan adanya pengunci pada bracket sehingga kawat dapat dipasang lalu dikunci dengan alat khusus. Jenis ini terbukti memiliki banyak keunggulan dibanding teknologi classic braces. Selain dapat merapikan lebih cepat, mengurangi rasa sakit/ngilu, tidak memicu pertumbuhan karang gigi dan controlnya cukup 2bulan sekali.

Selain dilihat dari bahan dan teknologinya, juga bisa kita bedakan kelasnya dari produsen yang membuatnya. Ini akan kita bahas dalam artikel selanjutnya.

Bagikan Ke Teman

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *