Apa Itu Dental Veneer ?

Sebelum membahas mengenai harga veneer gigi tentunya kamu harus tau dulu apa itu dental veneer ? Adalah tindakan yang dilakukan oleh dokter gigi dengan tujuan untuk memperbaiki penampilan gigi yang tidak baik. Kondisi tersebut disebabkan adanya gigi yang rusak, keropos, ada kelainan warna dan bentuk.

Alasan Melakukan Veneer Gigi

Memiliki susunan gigi yang rapi merupakan dambaan setiap orang terutama kaum muda yang bergaul dengan banyak orang dalam kesehariannya. Namun sayangnya tidak semua orang terlahir dengan susunan gigi yang rapi. Sebagian besar orang harus menempuh cara tertentu untuk mendapatkan gigi yang rapi salahsatunya dengan tindakan ini.

Seseorang perlu memiliki alasan untuk melakukan tindakan ini. Karena gigi yang sudah rapi dan putih tentu saja tidak perlu dilakukan tindakan tersebut. So, pada kondisi gigi seperti apa tindakan ini perlu dilakukan ? Gigi yang warnanya berlainan, bentuknya tidak seimbang tentunya sangat mengganggu penampilan. Kondisi gisi seperti itulah yang sangat perlu dilakukan tindakan ini.

Jenis & Harga Veneer Gigi

Tindakan ini terbagi menjadi 2 macam, diantaranya :

  1. Composite : jenis ini dilakukan secara langsung dalam 1x kunjungan saja dengan menggunakan bahan komposit. Usia tahan bahan komposit biasanya hanya sekitar 5-6 tahun saja. Jenis ini agak rentan pecah terutama saat menggigit makanan yang keras. Veneer dari bahan komposit memang lebih ditujukan untuk memperbaiki fungsi estetika gigi yang rusak saja.
  2. Pocelain : jenis ini dilakukan dengan cara pencetakan model gigi lalu dikerjakan di lab menggunakan bahan porcelain. Jenis ini memerlukan 2x kunjungan dan memerlukan mahkota sementara selama menunggu aslinya siap dipasangkan. Sehingga diperlukan biaya extra untuk pemesanan mahkota sementara sesuai dengan jumlah gigi yang akan dilapisi vener. Veneer berbahan porcelain ini dapat bertahan hingga belasan tahun dan lebih kuat jika digunakan untuk menggigit sehingga tidak khawatir saat makan. Pengerjaan veneer indirect biasanya perlu dilakukan pengikisan lapisan luar gigi tujuannya selain agar veneer dapat menempel dengan kuat juga agar setelah terpasang veneer gigi tidak terlihat terlalu besar atau menonjol namun tetap terlihat natural dan proporsional.
  3. Veneer Removable : adalah jenis veneer gigi yang terbaru berbahan Vertex Thermosens yang dapat disetarakan dengan bahan porcelain namun harga jauh lebih terjangkau. Jenis ini dapat dilepas pasang sama halnya dengan aligner, namun fungsinya tetap seperti veneer jenis lainnya hanya berbeda penggunaannyaa saja yang dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien. Jenis ini merupakan yang paling populer dan banyak digunaan saat ini karena harganya yang jauh lebih murah namun kualitas tidak kalah baik dengan veneer porcelain. Berikut ini adalah contoh penampakan veneer removable :

Harga Veneer Gigi Mahal ? Tentu Sudah Tidak Lagi

Saat ini harga veneer gigi sudah sangat kompetitiv sehingga sudah tidak seperti sebelumnya saat layanan ini baru ada. Saat pertama kali layanan ini ada kisaran biaya yang dibutuhkan bisa mencapai 1jutaan per gigi untuk jenis komposit dan 5jutaan per gigi untuk jenis porcelain. Seiring berjalanya waktu, semakin berkembangnya teknologi layanan serta banyaknya dental clinic yang menyediakan layanan ini. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan tindakan ini semakin terjangkau.

Biaya yang diperlukan untuk melakukan tindakan veneer sangat tergantung pada berapa jumlah gigi serta bahan apa yang digunakan. Berikut ini adalah daftar jenis dan harga veneer di dokter gigi kita :

Harga Normal per Gigi (Rp)

Harga Promo (Rp)

Direct Composite 800.000

599.000

Indirect Porcelain 5.000.000

3.500.000

Veneer (Removable) 1.500.000

1.000.000

Diupdate : 28 Juni 2022

Ditinjau oleh : drg. Rizka Triana

WhatsApp Admin (24 Jam)