Fungsi Retainer Gigi

Sebelum kita membahas mengenai harga retainer gigi kita harus tau dulu apa fungsinya. Ketika kamu selesai melakukan perawatan ortodonti sampai tahap melepas behel ternyata tidak boleh dibiarkan begitu saja tanpa ada tahap lanjutan karena gigi yang sudah rapi bisa kembali ke posisi awal secara perlahan. Selain berfungsi untuk menahan posisi gigi pasca pelepasan behel, alat ini juga berfungsi untuk memaksimalkan tingkat kerapihan jika mungkin masih ada sedikit celah gigi yang masih belum benar-benar rapi sempurna.

Penggunaan alat ini sangat penting demi mencegah gigi bergeser kembali. Karena jika dibiarkan akan membuat perawatan ortho yang telah lama dijalani menjadi sia-sia. Padahal perawatan dilakukan dalam jangka waktu yang lama dengan biaya lebih mahal dari harga retainer gigi. Dengan demikian dokter ortodonti akan sangat menyarankan untuk segera menggunakannya alat ini usai melapas behel.

Macam Macam Retainer Gigi

Retainer ada bermacam-macam jenis sehingga pasien dapat memilih jenis tertentu sesuai dengan tujuan penggunaan dan kelebihannya. Berikut ini adalah 3 macam jenis retainer serta kelebihannya, diantaranya :

 

1. Hawley

Jenis ini terbuat dari bahan kawat berwarana silver. Kekurangan jenis ini adalah sangat nampak kawat sehingga bagi sebagian orang tidak menyukainya. Kelebihannya adalah tidak menampung air ludah saat digunakan. Harga Normal di pasaran jenis ini kisaran 1 Juta per Rahang.

 

2. Clear

Jenis ini terbuat dari bahan plastik transparan. Kelebihan jenis ini adalah transparan jadi tidak mengganggu penampilan saat senyum. Kekurangannya adalah bisa basah karena menyerap air ludah. Harga Normal di pasaran jenis ini kisaran 1 Juta per Rahang.

 

Retainer Gigi3. Fix

Jenis ini dipasang secara permanen dibagian belakang gigi. Jenis ini tidak dapat dilepas pasang sendiri seperti kedua jenis diatas. Kekurangan jenis ini adalah ketika lem dari retainernya lepas perlu datang ke dokter untuk memperbaikinya. Kelebihan jenis ini tidak terlihat sama sekali karena ada di bagian belakang sehingga tidak mengganggu penampilan. Harga Normal di pasaran jenis ini kisaran 1 Juta per Rahang.

Dari ketiga jenis diatas kamu bisa simpulkan mana yang baik untuk kamu pilih. Karena ketiga jenis diatas memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Harga Retainer Gigi

Harga Retainer Gigi berbeda-beda tergantung jenis bahan yang digunakan seperti yang telah dijelaskan diatas. Untuk 1 rahang dengan jenis hawley & clear kamu membutuhkan biaya sebesar Rp. 750.000 sedangkan untuk jenis fix diperlukan biaya kisaran 1 Juta/rahang. Untuk pembuatan retainer biasanya ada tambahan biaya cetak sebesar Rp. 100.000/rahang.

Mau Lebih Murah ? Cek Ini  

Tahapan Pengerjaan Retainer Gigi

Untuk jenis hawley dan clear pada kunjungan pertama akan dilakukan pencetakan model gigi. Selanjutnya dokter gigi kamu akan mengirimkan hasil cetakan tersebut ke lab. Pengerjaan retainer dilakukan di lab dan membutuhkan waktu pengerjaan sekitar 7-8 hari kerja. Kemudian pada kunjungan kedua retainer yang kamu pesan sudah dapat digunakan. Berbeda dengan jenis hawley & clear untuk jenis fix retainer dokter gigi kamu dapat langsung mengerjakannya di kunjungan pertama hingga selesai hari itu juga.

Lama Penggunaan

Tentu saja kamu akan bertanya-tanya kenapa harus menggunakan alat ini dan berapa lama harus menggunakannya. Retainer digunakan kurang lebih 5-6 bulan setelah melakukan pelepasan behel. Durasi yang disarankan oleh dokter ortodontis minimal digunakan 16 Jam dalam sehari. So, setelah retainer kamu mulai terasa longgar itu dapat diartikan kondisi gigi kamu sudah mencapai tingkat rapi maksimal dan stabil. Selanjutnya kamu dapat mengurangi durasi penggunaanya menjadi 8jam sehari atau hanya saat tidur malam saja.

Jika retainer mulai terasa kencang kamu harus menambah durasi penggunaanya kembali menjadi 16 jam. Hal itu terjadi karena adanya pergeseran posisi cukup jauh dari asalnya. Jika sudah kembali terasa longgar kamu dapat megurangi durasi penggunaanya kembali menjadi 8jam per hari. Lakukan ini secara terus menerus selama sisa usia karena seiring bertambah usia gigi akan bergeser secara perlahan tanpa disadari.

Cara Merawat Retainer

Retainer juga memerlukan perawatan agar tidak mudah rusak dan terjaga kebersihannya. Berikut ini adalah beberapa tips merawat retainer, diantaranya :

  • Rutin membersihaknnya menggunakan air hangat serta sabun berbahan ringan yang tidak menimbulkan iritasi.
  • Merendam dengan larutan khusus (sesuai rekomendasi dokter gigi) setiap hari ketika sedang tidak digunakan.
  • Membersihkannya dengan sikat lembut dan cutton bud secara rutin.

Ditinjau oleh: drg. Rizka Triana

Diupdate : 1 November 2021

WhatsApp chat