Select Page

Sebelum kita membahas harga pasang behel gigi perlu kamu ketahui apa itu Ortodonti. Ortodonti adalah salah satu bidang di kedokteran gigi yang mempelajari secara khusus estetika gigi, rahang dan wajah. Sedangkan Ortodontis adalah tenaga dokter yang mampu menangani kasus tersebut. Proses perawatan yang dijalaninya biasa disebut dengan perawatan orto dengan behel (kawat gigi) yang bertujuan untuk merapikan gigi.

Kawat gigi adalah bahan yang digunakan oleh seorang Ortodontis dalam menjalankan perawatan orto. Kawat gigi sangat bermacam-macam jenis dan bahan dimana ini dapat digunakan sesuai dengan biaya yang dimiliki serta tujuan dari penggunaanya.

 

Macam Macam Behel Untuk Merapikan Gigi

Behel gigi dilihat dari material bahan yang digunakan terbagi kedalam 3 macam, diantaranya :

Metal ; adalah behel yang materialnya terbuat dari metal/logam stainless berwarna silver. Behel berbahan logam sangat baik digunakan untuk segala kasus baik ringan ataupun berat. Bahan logam tidak mudah pecah dan lepas dari permukaan gigi. Hal ini membuat jalannya perawatan menjadi lancar dan proses merapikan gigi jadi cepat.

Keramik ; adalah behel yang materialnya terbuat dari bahan ceramic yang sewarna dengan gigi. Behel jenis ini hanya rekomen digunakan pada kasus-kasus ringan saja. Alasannya adalah behel berbahan ceramic lebih rentan pecah dan lepas. Hal ini menyebabkan proses merapikan gigi jadi terhambat dan lebih lama.

Sapphire ; adalah jenis behel yang materialnya terbuat dari bahan sapphire. Bahan sapphire merupakan kombinasi kemampuan dari kedua kelebihan behel keramik dan metal. Behel Sapphire rekomen untuk kasus baik ringan ataupun berat. Hal ini karena sapphire kuat dan tidak mudah pecah saat digunakan.

Selain dilihat dari jenis bahan yang digunakan behel juga dibedakan berdasarkan jenis teknologinya, yaitu :

harga pasang behel gigiKonvensional (Classic Braces) ; adalah jenis kawatgigi yang pada penerapannya masih menggunakan karet sebagai pengikat antara bracket dengan kawat. Jenis ini merupakan teknologi yang pertama kali muncul dan masih digunakan hingga saat ini.

Penggunaan karet untuk menyatukan bracket dengan kawat membuat tekanan ke gigi cukup besar sehingga tidak sedikit pasien yang merasa kesakitan saat menjalani perawatan.

Self Ligating Braces ; adalah jenis kawatgigi yang pada penerapannya sudah tidak menggunakan karet sebagai pengikat antara bracket dengan kawat. Melainkan memiliki bagian pengunci sendiri di bagian mukanya. Jenis ini merupakan teknologi kedua setelah behel konvensional.

Produk ini dipelopori oleh Ormco dengan brand Damon. Penggunaan kawat gigi dengan teknologi ini jauh lebih baik dari kawat gigi yang masih konvensional. Jenis ini juga memliliki kemampuan merapikan gigi hampir 2x lebih cepat dari jenis konvensional.

Daftar Harga Pasang Behel Gigi

Harga Normal

Harga Promo

Metal Konvensional Rp. 4.000.000

Rp. 2.699.999

Ceramic Konvensional Rp. 6.000.000

Rp. 4.699.999

Sapphire Konvensional Rp. 8.000.000

Rp. 6.699.999

Metal Self Ligating Rp. 12.000.000

Rp. 8.888.000

Clear Self Ligating Rp. 17.000.000

Rp. 12.899.999

Mau Diskon Tambahan 100rb-200rb ? Gunakan Voucher Diskon dari Aplikasi, Klik Untuk Download
Promo Berakhir Dalam Batas Waktu
16 17 00 01 43 44 31 32
Chat Admin Kota Kamu

 

Harga Pasang Behel Gigi Jenis Self Ligating Lebih Mahal dari Behel Konvensional, Kenapa ?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa behel jenis self ligating memiliki banyak keunggulan baik dari sisi estetika, kenyamanan serta kemampuan merapikan yang lebih cepat. Hal inilah yang membuat jenis behel self ligating harganya dua kali lipat lebih mahal dari jenis behel konvensional. Berikut ini adalah berbagai kelebihan yang dimiliki oleh behel jenis self ligating, diantaranya :

  1. Ukuran bracketnya lebih kecil dari behel konvensional.
  2. Terdapat pengunci pada bracket, tidak harus menggunakan karet. Hal ini membuat tekanan tidak terlalu besar sehingga mengurangi rasa sakit/ngilu sehingga terasa nyaman saat menjalani perawatan.
  3. Jadwal control cukup hanya 6-8 minggu sekali lebih hemat waktu dan biaya.
  4. Tidak mengharuskan cabut gigi, kecuali jika struktur gigi terlalu padat atau terdapat impaksi.
  5. Waktu yang dibutuhkan jauh lebih cepat dibanding behel konvensional.
  6. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil akhir jauh lebih singkat dibanding jenis konvensional.

 

Harga Pasang Behel di Spesialis Orto Lebih Mahal dari Dokter Gigi Sertifikasi Orto, Kenapa ?

Harga pasang behel di dokter gigi spesialis orto dengan dokter gigi umum sertifikasi orto tentu berbeda. Karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk memilih dokter gigi, tentunya kamu harus fahami dulu kasus seperti apa yang kamu alami. Untuk merapikan gigi kelas ringan atau biasa disebut dengan kelas 1 kamu dapat memilih dokter gigi umum asalkan yang sudah memiliki sertifikasi ortodonti tentunya dengan semakin lama pengalaman parkteknya akan semakin baik hasil tindakannya. Pada kasus ringan biasanya dokter gigi dapat memberikan harga promo sehingga biaya yang harus kamu keluarkan relativ akan lebih terjangkau. Kamu juga tidak perlu khawatir karena untuk kasus-kasus ringan memang cukup ditangani dengan baik oleh dokter gigi sertifikasi ortodonti.

Berbeda jika kasus yang kamu alami adalah kasus berat, tidak dianjurkan ditangani oleh dokter gigi sertifikasi ortodonti. Kasus berat biasanya disebut kelas 2 atau 3 sangat disarankan agar ditangani oleh Spesialis Ortodonti. Merapikan gigi dengan Spesialis Ortodonti biasanya memerlukan biaya 2 x lipat dari dokter gigi sertifikasi ortodonti. Hal tersebut sangat wajar karena skill atau kompetensi yang dibutuhkan juga lebih tinggi karena kasus sudah pasti lebih rumit.

 

Kesalahan Fatal Memilih Pasang Behel di Tukang Gigi

Tidak sedikit masyarakat yang menganggap behel itu bisa dipasang ditempat selain dokter gigi misalnya seperti tukang gigi atau salon. Hal tersebut menjadi PR bersama khususnya tenaga medis yang memiliki legalitas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas khususnya yang memerlukan layanan ortodontis. Beberapa hal yang bisa terjadi ketika pasien memilih melakukan pasang behel di tukang gigi dan salon, diantaranya :

  • Gigi menjadi keropos terutama pada bagian luar akibat kesalahan standar penggunaan alat dan bahan.
  • Posisi gigi pasien miring ke satu sisi/arah karena kesalahan prosedur penanganan.
  • Struktur gigi menjadi tidak beraturan dan tidak pada tempatnya akibat penanganan yang dipaksakan dan tidak menguasai metode pengukuran dan study kasus yang benar.

Lihat Contoh Kasus di Instagram