Sebelum kita membahas harga pasang behel gigi perlu kamu ketahui apa itu Ortodonti. Ortodonti adalah salah satu bidang di kedokteran gigi yang mempelajari secara khusus estetika gigi, rahang dan wajah. Sedangkan Ortodontis adalah tenaga dokter yang mampu menangani kasus tersebut. Proses perawatan yang dijalaninya biasa disebut dengan perawatan orto dengan behel (kawat gigi) yang bertujuan untuk merapikan gigi.

Kawat gigi adalah bahan yang digunakan oleh seorang Ortodontis dalam menjalankan perawatan orto. Kawat gigi sangat bermacam-macam jenis dan bahan dimana ini dapat digunakan sesuai dengan biaya yang dimiliki serta tujuan dari penggunaanya.

Macam Macam Behel Gigi

Behel gigi dilihat dari material bahan yang digunakan terbagi kedalam 3 macam, diantaranya :

 

1. Metal Braces

Adalah behel yang materialnya terbuat dari metal/logam stainless berwarna silver. Behel berbahan logam sangat baik digunakan untuk segala kasus baik ringan ataupun berat. Bahan logam tidak mudah pecah dan lepas dari permukaan gigi. Hal ini membuat jalannya perawatan menjadi lancar dan proses merapikan gigi jadi cepat.

 

2. Ceramic Braces

Adalah behel yang materialnya terbuat dari bahan ceramic yang sewarna dengan gigi. Behel jenis ini hanya rekomen digunakan pada kasus-kasus ringan saja. Alasannya adalah behel berbahan ceramic lebih rentan pecah dan lepas. Hal ini menyebabkan proses merapikan gigi jadi terhambat dan lebih lama.

 

 

3. Sapphire Braces

Adalah jenis behel yang materialnya terbuat dari bahan sapphire. Bahan sapphire merupakan kombinasi kemampuan dari kedua kelebihan behel keramik dan metal. Behel Sapphire rekomen untuk kasus baik ringan ataupun berat. Hal ini karena sapphire kuat dan tidak mudah pecah saat digunakan.

Selain dilihat dari jenis bahan yang digunakan behel juga dibedakan berdasarkan jenis teknologinya, yaitu :

1. Classic Braces (Konvensional)

Adalah jenis kawat gigi yang pada penerapannya masih menggunakan karet sebagai pengikat antara bracket dengan kawat. Jenis ini merupakan teknologi yang pertama kali muncul dan masih digunakan hingga saat ini. Penggunaan karet untuk menyatukan bracket dengan kawat membuat tekanan ke gigi cukup besar sehingga tidak sedikit pasien yang merasa kesakitan saat menjalani perawatan.

harga pasang behel gigi

 

2. Self Ligating Braces

Adalah jenis kawat gigi yang pada penerapannya sudah tidak menggunakan karet sebagai pengikat antara bracket dengan kawat. Melainkan memiliki bagian pengunci sendiri di bagian mukanya. Jenis ini merupakan teknologi kedua setelah behel konvensional. Produk ini dipelopori oleh Ormco dengan brand Damon. Penggunaan kawat gigi dengan teknologi ini jauh lebih baik dari kawat gigi yang masih konvensional. Jenis ini juga memliliki kemampuan merapikan gigi hampir 2x lebih cepat dari jenis konvensional.

 

3. Invisible Braces (Behel Transparan Lepas Pasang)

Adalah jenis behel terbaru yang bahannya terbuat dari material plastik transparan (tidak terlihat saat digunakan) serta dapat dilepas pasang sendiri kapan saja atau bisa disebut dengan clear aligner. Behel jenis ini dipelopori oleh merk Invisalign yang pertama kalinya muncul biayanya bisa mencapai 20-30 Jutaan. Invisible braces dicetak dan dibuat di lab luar negri sesuai dengan kondisi kasus gigi pasien, hal ini yang membuat biayanya begitu besar. Braces jenis ini memang lebih praktis dari sisi penggunaanya bagi pasien, namun dokter gigi tidak dapat menutupi bahwa jenis ini memiliki kekurangan yaitu hanya dapat digunakan pada kasus-kasus ringan hingga sedang saja. So, pada kasus-kasus berat dokter gigi orto tetap akan menyarankan penggunaan jenis behel konvensional atau lebih baik lagi dengan jenis self ligating braces.

 

 

Harga Pasang Behel Gigi

Harga pasang behel berbeda-beda tergantung pada bahan apa yang digunakan. Berikut ini adalah daftar jenis behel dan harga yang umum digunakan oleh dokter gigi di Indonesia, diantaranya :

Harga Normal

Harga Promo

Metal Konvensional Rp. 4.500.000

Rp. 2.999.999

Ceramic Konvensional Rp. 6.000.000

Rp. 4.699.999

Sapphire Konvensional Rp. 8.000.000

Rp. 6.699.999

Metal Self Ligating Rp. 12.000.000

Rp. 8.100.000

Clear Self Ligating Rp. 17.000.000

Rp. 13.100.000

Invisible Braces (Clear Aligner) Rp. 20.000.000

Rp. 9.900.000

Kenapa Harga Pasang Behel di Spesialis Orto Lebih Mahal ?

Harga pasang behel di dokter gigi spesialis orto dengan dokter gigi umum sertifikasi orto tentu berbeda. Karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk memilih dokter gigi, tentunya kamu harus fahami dulu kasus seperti apa yang kamu alami. Untuk merapikan gigi kelas ringan atau biasa disebut dengan kelas 1 kamu dapat memilih dokter gigi umum asalkan yang sudah memiliki sertifikasi ortodonti tentunya dengan semakin lama pengalaman parkteknya akan semakin baik hasil tindakannya. Pada kasus ringan biasanya dokter gigi dapat memberikan harga promo sehingga biaya yang harus kamu keluarkan relativ akan lebih terjangkau. Kamu juga tidak perlu khawatir karena untuk kasus-kasus ringan memang cukup ditangani dengan baik oleh dokter gigi sertifikasi ortodonti.

pasang behel gigi

Berbeda jika kasus yang kamu alami adalah kasus berat, tidak dianjurkan ditangani oleh dokter gigi sertifikasi ortodonti. Kasus berat biasanya disebut kelas 2 atau 3 sangat disarankan agar ditangani oleh Spesialis Ortodonti. Merapikan gigi dengan Spesialis Ortodonti biasanya memerlukan biaya 2 x lipat dari dokter gigi sertifikasi ortodonti. Hal tersebut sangat wajar karena skill atau kompetensi yang dibutuhkan juga lebih tinggi karena kasus sudah pasti lebih rumit.

Ditinjau oleh: drg. Rizka Triana

Diupdate : 10 Oktober 2021

WhatsApp chat