Apa Itu Dental Crown (Jaket Gigi) ?

Sebelum kita membahas menganai harga crown gigi kita perlu tau dulu apa itu crown. Gigi patah dan keropos merupakan masalah yang serius bagi sebagian besar orang terutama yang memiliki aktivitas bertemu dengan orang banyak. Hal ini tentunya memerlukan solusi untuk mengatasinya yaitu dengan jaket gigi. Apa itu dental crown atau jaket gigi ? Jaket gigi adalah mahkota selubung yang dibuat oleh dokter gigi kemudian dipasang pada gigi rusak baik patah atau keropos dengan tujuan untuk mengembalikan fungsi gigi baik estetika ataupun fungsi gigit.

Jenis dan Harga Crown Gigi

Crown gigi memiliki daya tahan (usia) berbeda-beda tergantung jenis bahan yang digunakan, diantaranya :

Metal Porcelain ; adalah mahkota selubung yang terbuat dari perpaduan bahan metal dengan porcelain. Bahan metal dipakai dibagian dalam selubung untuk sedangkan porcelain dibagian luar mahkota. Jaket gigi dengan bahan ini biasanya dapat bertahan sekitar 4-5 tahun.

All Porcelain ; adalah mahkota selubung yang terbuat dari bahan porcelain secara keseluruhan baik lapisan dalam ataupun luar. Jaket gigi dengan bahan ini biasanya dapat bertahan lebih dari 10 tahun.

Zirconia ; adalah mahkota selubung yang terbuat dari bahan zirconia yang merupakan kualtas terbaik. Jenis ini membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi saat pembuatannya. Jaket gigi dengan bahan jenis ini biasanya dapat bertahan 15 tahun lebih, bahkan ada yang seumur hidup tidak mengalami pergantian jika perawatanya baik.

Alasan Memilih Tindakan Crown

Pada setiap kasus yang dialami tidak serta merta dokter dan pasien menentukan jenis tindakan melainkan mengikuti indikasi pada kasus yang dialami pasien. Dokter akan menyarankan pasien memilih tindakan crown apabila pasien mengalami kondisi gigi seperti berikut, diantaranya :

  1. Gigi patah dan masih menyisakan sisa mahkota yang mencukupi dengan akar yang masih kuat.
  2. Gigi keropos dan masih menyisakan sisa mahkota yang mencukupi dan dalam keadaan masih memungkinkan serta akar yang kuat.
  3. Ingin mengembalikan fungsi gigi tidak hanya dari sisi estetika atau penampilan, tetapi juga fungsi gigit dan kunyah.
  4. Memiliki biaya yang cukup, karena tidak semua pasien mampu memilih tindakan ini dengan alasan biaya yang tidak sedikit.

Beberapa kondisi gigi yang telah rusak yang mengharuskan seorang pasien harus memilih tindakan crown (jaket gigi), diantaranya :

  1. Kondisi gigi yang rentan pecah karena terjadi pembusukan
  2. Gigi yang berlubang dengan ukuran yang cukup besar
  3. Gigi berubah warna, menguning dan menghitam
  4. Ketika gigi sudah retak dan rentan pecah

 

Daftar Harga Crown Gigi

Harga crown gigi tergantung pada jenis bahan yang digunakan serta berapa jumlah mahkota yang diperlukan. Berikut ini adalah daftar Harga Dental Crown (Jaket Gigi) dilihat dari jenis material bahan yang digunakan :

Harga Normal

Harga Promo

Metal Porcelain Rp. 2.000.000

Rp. 1.699.000

All Porcelain Rp. 3.000.000

-

Zirconia Rp. 4.000.000

-

Untuk mengetahui berapa biaya yang diperlukan kamu harus pastikan dulu berapa jumlah mahkota gigi yang perlu dibuatkan jaket dikalikan harga diatas.

Tahapan Pembuatan Crown Gigi

Berikut ini adalah tahapan yang akan dilakukan ketika kamu akan membuat crown di dokter gigi, diantaranya :

  • Tahap konsultasi dan pemeriksaan kondisi gigi pasien sebagai langkah awal dokter untuk mengetahui kasus yang dialami oleh pasien.
  • Rontgen, tujuanya adalah melihat kondisi akar atau tulang di sekitar gigi yang akan dipasang crown. Apabila terdapat pembusukan dan beresiko infeksi maka dokter akan melakukan perawatan akar terlebih dahulu.
  • Proses pencetakan model gigi, ini diperlukan untuk study kasus dan pengukuran untuk kemudian diserahkan ke bagian lab untuk dibuatkan mahkota tiruan sesuai dengan kasus gigi pasien.
  • Tahap insersi pemasangan crown oleh dokter sekaligus penyempurnaan mahkota yang telah dibuat oleh lab agar pas dengan gigi pasien ketika digunakan.

Lama Pengerjaan

Pengerjaan atau proses pembuatan sampai dapat digunakan memerlukan waktu sekitar 7-8hari kerja. Selama menunggu selesai jaket gigi aslinya biasanya dokter menyarankan untuk menggunakan mahkota sementara untuk menutupi bagian gigi yang sudah dikecilkan agar tidak memperburuk penampilan.

Pada kasus tertentu terkadang tidak dapat langsung dilakukan cetak dan pembuatan jaket gigi. Beberapa kejadian kasus gigi patah akibat kecelakaan atau benturan biasanya dokter akan melakukan perawatan akar selama beberapa kunjungan.

Jaket gigi hanya disarankan pada kasus gigi yang mengalami patah dan keropos besar. So, untuk keropos dan patah kecil dokter masih lebih menyarankan untuk dilakukan tambal komposit saja. Meskipun hasilnya memang tidak sekuat dengan mahkota selubung karena pengerjaannya hanya menggunakan bahan komposit sewarna gigi.

Crown & Bridge (Mahkota Selubung Pada Gigi Ompong)

harga crown bridge

Selain pada kasus gigi patah atau keropos jaket gigi juga dapat di aplikasikan pada pasien yang mengalami gigi ompong 1-2 gigi berdampingan. Pada kasus seperti ini penggunaan crown bisa dilakukan namun perlu mengecilkan 2 gigi disampingnya yang nantinya akan digunakan sebagai penopang. Bridge dikategorikan sebagai jenis Gigi Palsu Permanen. Selain bridge Jenis Gigi Palsu Permanen juga bisa dengan Dental Implan. Bedanya bridge dengan Implan dari sisi penerapan pada kasus adalah seperti berikut. Bridge hanya dapat di aplikasikan pada 1-2 Gigi Ompong, sedangkan Dental Implan dapat di aplikasikan pada gigi ompong baik 1, beberapa bahkan gigi ompong keseluruhan.

Jika pasien mengalami ompong 1 gigi maka diperlukan 3 mahkota gigi dengan 2 mahkota sampingnya yang akan dipasak ke 2 gigi asli disampingnya yang telah dikecilkan. Crown bridge biasanya hanya dapat diaplikasikan pada ompong tidak lebih dari 2 gigi.

Sama hal nya dengan gigi palsu lepasan, sebelum pemasangan bridge gigi yang sudah ompong terlebih dahulu harus dipastikan sudah tidak ada sisa akar dan sudah dilakukan perawatan pada akar gigi tersebut. Sehingga tidak akan menimbulkan masalah kesehatan dikemudian hari.

Harga Crown Bridge

Biaya pembuatan sangat tergantung pada berapa jumlah mahkota yang diperlukan pada kasus gigi kamu. Sebagai contoh jika kamu mengalami kasus ompong 1 gigi maka mahkota yang diperlukan adalah 3 buah. Harga 1buah mahkota dikalikan dengan jumlah mahkota yang diperlukan pada kasus tersebut ditambah dengan biaya cetak biasanya sekitar 150rb-200rb.

Untuk kasus 2 gigi ompong biasanya diperlukan 4-5 mahkota dikalikan dengan harga crown per gigi ditambah dengan biaya cetak. Namun tidak semua kasus gigi ompong 1-2 gigi dapat dilakukan tindakan bridge. Tindakan ini perlu pemeriksaan betul-betul gigi lain disampingnya yang akan dikecilkan dan nantinya akan dijadikan penopang. Perlu pemeriksaan teliti apakah masih kuat dan memungkinkan atau tidaknya agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Berikut cara mudah menghitung biaya pembuatan crownbridge :

  • Gigi ompong 1 diperlukan 3 mahkota (harga 1 mahkota x 3) + Biaya Cetak.
  • Gigi ompong 2 diperlukan 4-5 mahkota (harga 1 mahkota x 4/5) + Biaya Cetak.

Cara Merawat Crown Gigi

Tidak hanya gigi asli, jaket gigi juga memerlukan perawatan khusus agar tidak menimbulkan bau mulut tidak sedap dan agar dapat bertahan lama. Berikut ini adalah tips cara merawat crown dengan baik dan benar, diantaranya :

  • Kurangi kebiasaan memakan makanan yang kenyal, lengket, keras dan terlalu pekat warna.
  • Menggosok gigi secara rutin dan teratur
  • Berkumur setelah makan
  • Konsultasikan ke dokter yang menangani apabila terjadi keluhan atau permasalahan pada gigi terutama bagian yang terpasang crown.

Efek Samping Penggunaan Crown (Jaket Gigi)

Jaket gigi atau crown memang dapat mengembalikan fungsi gigi hampir seperti gigi asli baik dari sisi estetika ataupun fungsinya sebagai alat gigit dan kunyah. Namun ternyata di sisi lain penggunaan dental crown ini juga memiliki efek samping bagi penggunanya. Beberapa efek samping yang dapat dialami pasien yang menggunakan jaket gigi, diantaranya :

  1. Terjadi masalah atau keluhan pada gusi seperti peradangan atau gusi tampak merah dan mudah berdarah. Namun hal ini dapat diatasi dengan cara menjaga kebersihan mulut dengan baik terutama pada bagian gigi yang sudah dipasang jaket gigi.
  2. Reaksi alergi, gejala ini hanya terjadi pada pasien yang mengalami alergi pada logam atau porcelain saja.
  3. Gigi menjadi lebih sensitif pada kondisi makanan tertentu seperti dingin dan panas. Hal ini dapat dihindari dengan mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan dalam kondisi panas atau dingin.

Ditinjau oleh: drg. Rizka Triana

Diupdate : 01 September 2021

WhatsApp chat