Select Page

Apa Itu Aligner ?

Sebagian dari kamu mungkin belum mengetahui apa itu aligner dan fungsinya. Sebelum kita membahas mengenai harga aligner gigi di Indonesia kita harus tau dulu bahwa aligner adalah perangkat ortodonti yang digunakan sebagai perapi gigi berbahan transparan/bening dari material plastik yang dicetak sesuai dengan kasus masing-masing pasien dan penanganannya tetap dilakukan oleh dokter gigi. Sebagian besar orang mengenalnya dengan istilah behel lepas pasang transparan (invisible braces) yang di awal kemunculannya dipelopori oleh merk Invisalign. Alat ini didesain khusus untuk menggerakan gigi ke posisi yang diinginkan. Walaupun terbuat dari bahan plastic, namul plastic yang digunakan kuat dan mampu menggerakan gigi geligi. Kita banyak sekali menemukan produk serupa yang dijual bebas di marketplace tanpa melalui proses konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter gigi dan tanpa proses cetak model gigi sesuai kondisi gigi pasien. Hal ini bagi sebagian orang mungkin dianggap baik-baik saja, namun perlu masyarakat tau bahwa hal tersebut bukanlah standar dokter gigi.

Dimana Kamu Harus Membelinya ?

Alat ini tidak bisa begitu saja dibeli secara online dan digunakan oleh semua orang dan kemudian bisa merapikan gigi sesuai harapan. Hal itu tentu saja sangat merugikan pasien, karena produk tersebut telah dijual dengan prosedur yang salah. Berikut ini adalah langkah yang tepat ketika kamu ingin menggunakan aligner :

  • Konsultasikan masalah gigi kamu dengan dokter gigi yang menyediakan produk ini.
  • Proses pencetakan model gigi untuk study kasus dan pengukuran oleh dokter gigi.
  • Menggunakannya dengan supervisi dokter gigi.

Akibat Membeli Aligner Online Tanpa Supervisi Dokter

Banyak hal-hal merugikan yang akan menimpa pasien ketika membeli alat ini yang dijual bebas tanpa supervisi dokter. Bukan menjadi rapi kebanyakan kejadian yang dialami pasien adalah gigi semakin tidak beraturan, miring ke satu sisi, pendarahan dll. Selain dari sisi kesehatan juga kamu akan dirugikan secara materi meski harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding retainer yang dibuat dengan tahapan yang benar dan dengan supervisi dokter gigi.

Kenapa Harus Memilih Alat Ini ?

Alat ini tentu saja bukan solusi satu-satunya untuk merapikan struktur gigi yang tidak beraturan. Tentu saja ini hanya satu opsi yang dapat dipilih selain behel. Aligner memiliki keterbatasan kemampuan dalam mengatasi kelas kasus yang dialami pasien. Pada beberapa kasus ringan tentu saja alat ini dapat bekerja dengan baik dan memberikan hasil sesuai harapan. Namun pada kasus-kasus berat memilih aligner bukanlah suatu pilihan yang tepat. Karena biaya yang dikeluarkan cukup besar sebaiknya lebih memilih penggunaan behel berteknologi self ligating yang lebih menjamin hasil yang akan diperoleh. Aligner memang lebih simpel jika dilihat dari cara penggunaanya, namun hanya bekerja pada kasus-kasus ringan. Sedangkan behel dengan teknologi self ligating dapat bekerja pada semua kasus baik ringan ataupun berat. Sementara harga yang ditawarkan hampir sebanding sehingga disitulah kamu harus pintar-pintar menentukan pilihan agar tidak kecewa setelahnya.

Berapa Harga Aligner Gigi ?

Harga aligner gigi yang asli yang dikerjakan sesuai prosedur dokter gigi orto saat pertama kali dikenal dengan jenis Invisalign adalah berkisar 30 Juta – 40 Jutaan. Namun seiring perkembangan teknologi kedokteran khususnya bidang ortodonti kini teknologi yang serupa dengan Invisalign dapat diperoleh dengan harga yang lebih terjangkau meskipun pengerjaanya masih harus di luar negri dan saat ini kita hanya masih sampai tahap konsultasi, pemeriksaan pencetakan kasus gigi pasien dan mengirimnya ke lab diluar negri yang provide layanan ini dan sudah bekerja sama.

Harga Normal

Harga Promo

Clear Aligner Rp. 25.000.000

Rp. 9.999.000

Promo Berakhir Dalam Batas Waktu
15 16 05 06 19 20 56 57

Chat Admin Kota Kamu

Keuntungan Menggunakan Aligner

Tidak seperti perawatan menggunakan behel yang perlu control rutin setiap bulan, penggunaan alat ini memiliki sisi keuntungan tersendiri bagi pasien yaitu dapat dicetak lebih awal dan pasien dapat mengganti sendiri sesuai tahapan pergerakan gigi. Jumlah aligner yang dibutuhkan tergantung dengan masalah gigi pada setiap pasien.