Apa Itu Gingivektomi & Gingivoplasty ?

Sebelum membahas mengenai biaya gingivektomi kamu perlu tau terlebih dahulu apa itu gingivektomi. Gingivektomi adalah prosedur bedah yang dilakukan oleh dokter gigi untuk mengangkat gingiva atau jaringan gusi dengan tujuan mengobati gusi dan menghilangkan kantong gusi yang terbentuk ketika gusi terlepas dari gigi. Pada beberapa kasus pasien langsung menjalani gingivoplasty setelah gingivektomi. Gingivoplasty adalah pengubahan bentuk gusi agar terlihat lebih baik. Tindakan ini juga dilakukan untuk mempercantik penampilan gigi. Tindakan ini sebaiknya dilakukan oleh spesiali bedah mulut meskipun pada kasus-kasus ringan juga bisa saja dilakukan oleh dokter gigi umum. Kondisi kasus juga akan mempengaruhi jumlah biaya yang diperlukan pada saat pasien ingin melakukan tindakan ini.

Gingivektom & Gingivoplasty dilakukan pada pasien yang mengalami kondisi gusi yang menonjol saat senyum atau biasa disebut dengan istilah Gummy Smile. Namun tindakan ini terbatas pada kasus yang hanya disebabkan oleh kelebihan gusi saja tanpa adanya pengaruh rahang yang maju. Jika gusi menonjol diakibatkan oleh rahang maju maka yang perlu dilakukan biasanya adalah bedah rahang dengan biaya bisa mencapai 20 Juta – 40 Juta tergantung kondisi kasus yang dialami pasien.

biaya gingivektomi

Alasan Pasien Melakukan Tindakan Gingivektomi ?

Gusi merupakan bagian yang terlihat bersamaan denga gigi ketika senyum, maka jika salahsatu dari keduanya tida sehat atau tidak proporsional tentunya akan menyebabkan tidak percaya diri. Alasan yang paling banyak diungkapkan ketika pasien memilih untuk melakukan tindakan ini adalah karena ketika senyum gusi terlalu terlihat menonjol dan membuat tidak percaya diri.

Berapa Biaya Gingivektomi & Gingivoplasty 

Biaya pembentukan gusi atau gingivektom & gingivoplasty dihitung pergigi atau per regio tergantung kondisi kasus yang dialami pasien. Kisaran biaya yang diperlukan untuk tindakan ini adalah 400.000-500.000/gigi atau sekitar 3 Juta/rahang.

Ditinjau oleh: drg. Rizka Triana

Diupdate : 10 Oktober 2021

WhatsApp chat