Pentingnya Menggunakan Retainer Usai Lepas Behel

Retainer gigi ..Terkadang dianggap kurang penting oleh pasien yang melakukan perawatan ortho. Padahal alat yang satu ini sangat penting untuk digunakan pasca lepas behel. Fungsinya adalah untuk menjaga agar struktur gigi yang sudah rapi tidak kembali ke semula secara perlahan tanpa disadari. Penggunaan retainer ini bisa di lepas dan pasang sendiri, kecuali jenis fix retainer yang dipasang di bagian belakang mahkota gigi.

Harga retainer gigi bermacam-macam tergantung jenisnya. Mulai dari 1Jutaan sampai 1.2Jutaan per rahang jika dengan drg sertifikasi ortho dan kisaran 1.5Juta – 2juta jika dengan drg spesialis ortho. Namun Disini kami memberikan harga promo dengan tujuan agar pasien usai menggunakan behel tidak keberatan menggunakan retainer. Karena jika harga retainer ini terlalu mahal dikhawatirkan akan membuat pasien enggan menggunakan dan akibatnya pergeseran gigi terjadi dan tidak baik bagi pasien dan drg yang menangani.

Nah, setelah tau begitu apakah kamu masih mau membiarkan gigi kamu yang sudah rapi tidak dipakaikan retainer ? Tentunya tidak kan. Seperti tidak penting padahal penting banget loh. Kita juga sudah berikan harga promo jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakannya.

Retainer yang saat ini biasa digunakan di Indonesia ada 3 jenis, diantaranya : hawley, essix dan fix retainer. Untuk jenis fix tidak seperti retainer jenis lainnya yang bisa dilepas pasang sendiri. Jenis fix ini dipasang permanen di bagian belakang mahkota gigi dan hanya dapat dilakukan oleh drg. Penggunaan jenis fix retainer ini memang memiliki kelebihan fungsi tersendiri bagi pasien yang tidak mau terlihat menggunakan retainer di giginya.

Jenis retainer yang paling banyak dipilih pasien biasanya hawley, karena jenis ini dapata dengan mudah dilepas pasang sendiri dan memiliki warna yang transparan atau tembus pandang. Sehingga hampir tidak tampak menggunakanya saat dipasang. Harga jenis ini juga lebih terjangkau jika dibaningkan dengan jenis fix meskipun selisih harganya tidak terlalu jauh.

Nah, sekarang tinggal kamu mau memilih jenis yang mana sesuai dengan tujuan dan biaya yang kamu miliki untuk menggunakan material ini. Kamu bisa konsultasikan dulu sebelum kamu memutuskan untuk memilih jenis yang mana.

Bagikan dengan Teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *