Fungsi dan Macam-macam Retainer Gigi & Aligner

Retainer Gigi – adalah sebuah alat ortodonti yang dapat dilepas dan dipasang sendiri oleh pasien. Retainer dapat berupa kawat yang terdapat lapisan akrilik untuk menyambungkan kawat-kawat tersebut. Retainer juga dapat berupa lapisan plastik transparan yang bentuknya sudah sesuai dengan posisi gigi geligi.

Retainer digunakan setelah selesainya proses perawatan behel cekat atau permanen atau yang kita sebut bracket. Retainer mempunyai fungsi untuk melindungi gigi yang telah rata untuk tetap pada posisinya, selain itu retainer juga dapat berfungsi untuk mereposisi gigi geligi yang mungkin ada beberapa yang belum rata setelah pemakaian behel cekat selesai dan juga untuk menyelaraskan rahang dengan susunan gigi geligi agar menjadi rata dan indah pada saat dilihat.

Terkadang pasien merasa tidak nyaman pada saat menggunakan retainer, biasanya retainer jadi jarang digunakan. Padahal penggunaan retainer sangatlah penting agar posisi gigi geligi tetap pada tempatnya yang sudah rata posisinya sesuai dengan lengkung pada rahang.

Penggunaan retainer lebih nyaman daripada penggunaan behel cekat, karena retainer lebih mudah dibersihkan karena dapat dilepas dan jika terlihat jelek estetika bisa dapat cepat diganti sesuai dengan keinginan estetika pasien. Sedangkan penggunaan behel cekat memerlukan sikat gigi khusus untuk membersihkan sela-selanya.

Perkembangan peralatan canggih juga diciptakan untuk mengganti retainer yang terbuat dari kawat dan plat akrilik dengan retainer yang lebih nyaman digunakan pasien. Retainer tersebut adalah aligner yang terbuat dari bahan yang transparan dan lentur seperti karet. Bahan pembuatan aligner mirip dengan alat gigit pada gigi geligi penderita bruxism ketika tidur.

Aligner memiliki nilai estetika yang jauh lebih baik daripada retainer yang terbuat dari kawat dan plat akrilik. Karena kawat yang terletak di depan gigi geligi depan baik rahang atas maupun rahang bawah akan dapat terlihat. Aligner disebut juga dengan behel tanpa kawat, dan warnanya yang transparan tidak akan terlihat jika kita sedang menggunakannya.

Namun aligner memiliki kelemahan diantaranya adalah penggunaan aligner harus sering diganti. Pada umumnya aligner diganti tiap dua minggu sekali, aligner yang digunakan harus bergantian sesuai dengan seri posisi geliginya. Karena aligner lebih bekerja dengan maksimal jika digunakan hampir seharian setiap harinya.

Seperti retainer kawat, aligner juga mudah untuk dibersihkan karena dapat dilepas dan tanpa memerlukan sikat gigi khusus untuk membersihkannnya.

Beberapa Jenis Retainer, diantaranya :

  1. Hawley
  2. Fixx
  3. Aligner

Pencarian Terkait : Harga Retainer Gigi, Biaya Pasang Retainer Gigi, Harga Aligner Gigi, Biaya Pasang Aligner Gigi, Promo Retainer Gigi, Promo Aligner Gigi, Fungsi Retainer Gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*