Fungsi dan Macam-macam Retainer Gigi

Retainer Gigi – adalah sebuah alat ortodonti yang dapat dilepas dan dipasang sendiri oleh pasien. Retainer dapat berupa kawat yang terdapat lapisan akrilik untuk menyambungkan kawat-kawat tersebut. Retainer juga dapat berupa lapisan plastik transparan yang bentuknya sudah sesuai dengan posisi gigi geligi.

Retainer digunakan setelah selesainya proses perawatan behel cekat atau permanen atau yang kita sebut bracket. Retainer mempunyai fungsi untuk melindungi gigi yang telah rata untuk tetap pada posisinya, selain itu retainer juga dapat berfungsi untuk mereposisi gigi geligi yang mungkin ada beberapa yang belum rata setelah pemakaian behel cekat selesai dan juga untuk menyelaraskan rahang dengan susunan gigi geligi agar menjadi rata dan indah pada saat dilihat.

Terkadang pasien merasa tidak nyaman pada saat menggunakan retainer, biasanya retainer jadi jarang digunakan. Padahal penggunaan retainer sangatlah penting agar posisi gigi geligi tetap pada tempatnya yang sudah rata posisinya sesuai dengan lengkung pada rahang.

Beberapa Jenis Retainer, diantaranya :

  1. Hawley
  2. Fixx
  3. Essix

Pencarian Terkait : Harga Retainer Gigi, Biaya Pasang Retainer Gigi, Harga Aligner Gigi, Biaya Pasang Aligner Gigi, Promo Retainer Gigi, Promo Aligner Gigi, Fungsi Retainer Gigi

6 thoughts on “Fungsi dan Macam-macam Retainer Gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*